PROPOSAL BISNIS

 

Pabrik Keripik Singkong Putri

 

Tugas Proposal

 

Nama       : Putri Nurul Romli

NPM         : 011010088

Jurusan    : Manj.Keuangan Perbankan (D3)

Kelas         : A

Tugas        : Manj.Bisnis dan Kewirausahaan

 

 

  1. I.                        RINGKASAN EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)

Pabrik keripik singkong putri adalah konsep pabrik khusus dari singkong yang dibuat dari bahan-bahan singkong terbaik dan terpilih.

PKSP menawarkan pelanggannya keripik singkong putri duyung yang rasanya pedas dan tingkat kepedasannya pun ada 3 macam, KSPD (Keripik Singkong Putri Duyung) level 10 rasanya sangat pedas sekali, KSPD level 5 rasanya sedang atau tidak terlalu pedas dan KSPD level 1 rasa pedasnya sangat sedikit. Keripik singkong tersebut disajikan dengan plastik dan toples yang menarik. Para karyawan akan menyajikan keripik singkong rasa gurih, keripik singkong rasa keju, keripik singkong rasa jagung, keripik singkong rasa rumput laut  dan keripik singkong rasa pedas, bergantung tipe konsumen yang diinginkan. Sebagai pelengkap makanan ringan / cemilan PKSP juga menyediakan keripik talas dan keripik pisang.

Pabrik keripik singkong putri akan dibuka di Leuwiliang, pabriknya akan berada di dekat-dekat pasar dan di tempat-tempat strategis atau dipinggir jalan yang ramai. PKSP akan dibuka di dekat Pasar leuwiliang. Setelah itu di Dramaga. Meskipun toko makanan banyak mengisi didaerah leuwiliang, pada dasarnya masih terdapat peluang bagi penjual makanan kecil untuk masuk pasar ini.

Peluang membuka Pabrik keripik singkong di pasar-pasar atau tempat yang ramai pengunjung masih sangat terbuka karena bagi masyarakat, keripik singkong cemilan yang sangat enak dan banyak peminatnya. Semua orang menyukai cemilan keripik singkong dinikmati sambil nonton tv, ngobrol, jajanan, atau curhat.

Elemem-elemen utama yang ditawarkan membedakan antara PKSP dengan pabrik keripik singkong pada umumnya adalah :

  • Produk dari kualitas tinggi, dari singkong pilihan dan singkong yang terbaik
  • Layanan konsumen yang ramah dan prima
  • Wadah keripik yang higenis / bersih dan unik
  • Pabrik yang bersih
  • Bisa pesan antar dan melalui online

Tahap awal dan rencana Bisnis ini adalah membuka pabrik seluas 250m2, target jangka panjang adalah ekspansi agresif diseluruh daerah-daerah lain.

 

  1. II.                BISNIS
  2. Konsep Bisnis

Pabrik Keripik Singkong Putri (PKSP) adalah konsep pabrik khusus keripik singkong rasa pedas yang didasarkan pada keripik singkong pedas yang mempunyai beberapa macam level pedas. PKSP menawarkan keripik singkong rasa rumput laut untuk menikmati saat cemilan karena rasanya yang enak dan baru. Konsep ini berbeda dengan pabrik keripik singkong lainnya.

Pabrik ini yang akan dibuka pertama kali di Leuwiliang dan akan dikembangkan di beberapa daerah lainnya. konsep pabrik ini berbeda dengan pabrik singkong yang umumnya tidak menyediakan  banyak rasa.

Rencana jangka pendek perusahaan akan pabrik pertama seluas kurang dari 250 m2 didaerah leuwiliang. Rencana jangka menengah perusahaan adalah melakukan strategi ekspansi didaerah dramaga yaitu menambahkan satu pabrik. Sementara itu, rencana jangka panjang perusahaan adalah menjadi pabrik keripik singkong terbesar di daerah bogor maupun di kota-kota yang berkembang lainnya.

Menejemen perusahaan ingin menekankan bahwa peluang membuka suatu pabrik makanan cemilan seperti keripik singkong masih sangat terbuka, hal ini karena hampir semua orangmenyukai cemilan seperti keripik singkong.

Berikut ini 5 elemen utama produk yang ditawarkan oleh pabrik keripik singkong putri

  • Produk yang berkualitas tinggi

Pabrik Keripik Singkong Putri didirikan untuk menyediakan atau memproduksi keripik singkong dengan berkualitas tinggi dan bercipta rasa tinggi. Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen akan keripik singkong berkualitas tinggi.bumbu yang diracik dengan sentuhan profesional untuk memberikan cita rasa unik dan modern yang berbeda dengan yang ditawarkan pesaing. Selain itu, juga ditawarkan jenis-jenis rasa sebagai pelengkap.

  • Layanan konsumen yang ramah dan prima

Tujuan perusahaan adalah memuaskan konsumen untuk pemesanan keripik singkong yang jumlahnya banyak (agen).  Perusahan mengandalkan kunjungan kembali konsumen, maka interaksi dengan konsumen merupakan hal yang kritis dan merupakan kunci sukses bisnis ini.

Karyawan memegang peranan penting dalam hal ini. Oleh karenanya, perusahaan menetapkan karyawan yang direkrut adalah orang-orang yang ramah, sopan, dan santun terhadap konsumen.

  • Persediaan barang dagangan dan kemasan keripik yang higenis / bersih dan unik.

Perusahaan akan menerapkan strategi pemasaran dan persediaan barang dagangan yang agresif yang dirancang untuk menciptakan dan mempertegaskan citra merek perusahaan. Perusahaan akan menggunakan logo KSP (Keripik Singkong Putri). Kemasan tersedia dari plastik berwarna-warni ada pula berkemasan toples yang berbentuk unik seperti toples berbentuk mickey mouse, winnie the pooh dll.

Dan yang diutamakan dalam kemasan kebersihan n higenis.

  • Pabrik yang bersih

Perusahaan menerapkan kaepada karyawan untuk selalu menjaga kebersihan pabrik. Seperti pembuangan sampah sisa kulit singkong langsung dibuang ke tempat yang sudah disediakan sehingga pabrik menjadi bersih.

  • Pesan antar dan melalui online

Perusahan menerapkan sistem pesan antar dan melalui online agar mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk keripik singkong yang diinginkan dan praktis bagi konsumen sehingga konsumen tidak perlu datang langsung ke pabriknya.

 

  1. Produk yang Ditawarkan

Meskipun, menu utama yang ditawarkan adalah keripik singkong, tetapi pabrik juga menawarkan berbagai macam  pelengkap.

  • Rasa keripik singkong
    • PKSP menyediakan berbagai rasa seperti rasa pedas, gurih dan pedas manis, adapun rasa pedas yang mempunyai level kepedasan.

Putri duyung level 10 mempunyai rasa sangat pedas, putri duyung level 5 mempunyai rasa pedas yang sedang atau tidak terlalu pedas, putri duyung level 1 yang mempunyai rasa pedasnya sedikit.

 

 

  • Menu keripik lainnya
    • Keripik lain yang disediakan adalah :

-          Keripik talas yang mempunyai rasa pedas dan gurih

-          Keripik pisang

 

  1. Harga

Harga yang ditawarkan oleh pabrik PKSP sangat kompetitif dan tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan pesaing lainnya.

Berikut adalah daftar harga

  1. Keripik singkong pedas :   Level 10           RP. 25.000/Kg

Level 5             Rp. 23.000/Kg

Level 1             Rp. 20.000/Kg

  1. Keripik singkong keju                                RP. 22.000/Kg
  2. Keripik singkong pedas manis                  Rp. 25.000/Kg
  3. Keripik singkong jagung                            Rp. 20.000/Kg
  4. Keripik singkong gurih                              Rp. 18.000/Kg
  5. Keriping Talas :     gurih                            Rp. 16.000/Kg

Pedas                           Rp. 18.000/Kg

  1. Keripik pisang                                           Rp. 28.000/Kg

Harga yang ditawarkan relatif bersaing dibandingkan dengan pesaing.

  1. Persediaan Barang dan Pemasaran
  • Strategi pemasaran perusahaan adalah menciptakan tingkat kesadaran merek, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang ditawarkan konsumsinya.
  • Implementasi strategi ini meliputi hal-hal berikut :
  1. Bila konsumen membeli keripik lebih dari 3 Kg gratis ½ Kg keripik yang diinginkan berlaku dihari tertentu.
  2. Memberikan jasa antar gratis pada wilayah sekitar pabrik
  • Bentuk lain strategi merchandising adalah tampilan kemasan toples yang antraktif dan menarik.

 

  1. Layanan Pelanggan
  • Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan dan konsumen, PKSP akan mendidik dan menerapkan para karyawan untuk bisa menarik konsumen dan ramah kepada konsumen. Hal ini menjadi salah satu poin strategis bagi PKSP dibandingkan dengan para pesaingnya.
  • Karyawan PKSP akan menggunakan seragam yang trendy, tetapi tetap rapi, bersih dan kompak.
  1. Desain Pabrik
  • Pada umumnya pabrik-pabrik cemilan lain desain pabriknya simple dan jarang memikirkan desain pabriknya. PKSP akan dirangcang model minimalis didepan atau pintu utama dengan memakai cat warna tembok abu-abu dan merah agar terlihat bagus dan mempunyai ciri khas yang indah dari pabrik-pabrik lainnya.
  1. Lokasi dan Pilihan Wilayah
  • Pilihan lokasi dan wilayah pabrik adalah dengan kriteria di dekat-dekat pasar, tempat yang strategis, mudah dijangkau dan banyak pengunjung.
  • Pilihan di dekat-dekat pasar adalah pasar-pasar terkemuka di masing-masing daerah seperti di Leuwiliang, Ciampea, Laladon, Sukasari.
  1. Pasokan Barang Dagangan
  • Bahan baku untuk singkong
  • Cemilan pelengkap
  1. Operasi Pabrik dan Manajemen
  • Pabrik akan dioperasikan oleh satu manajer toko dan empat orang pegawai.
  • Jam operasi pabrik adalah 9.00 – 19.00, setiap hari Senin – Minggu

 

  1. III.              PASAR
  • Perusahaan mempertimbangkan dua pasar yang relevan, yaitu :

-          Pasar Pabrik Singkong di Indonesia

-          Pasar Pabrik cemilan / makanan ringan di Indonesia

  • Selain itu, perlu dipahami pula segmen pasar yang akan dijadikan pasar sasaran PKSP, perilaku konsumen ke pabrik dan positioning yang akan digunakan PKSP.
  • Segmentasi Pasar

Berdasarkan study lowe dan majalah SWA (tahun 2005) Segmentasi pasar indonesia dapat dibagi menjadi 8 segmen, yaitu :

Segmen #1 : Pasrah / introvert WallFlower (8,1%)

Ciri-ciri : wanita, usia matang berpendidikan rendah dan tinggal didaerah. Umumnya      tidak punya banyak keinginan dan tidak perlu optimis terhadapmasa depan.

Segmen #2 : Gaul Glam/The Networking Pleasure Seeker (11%)

Ciri-ciri : wanita, usia matang yang sangat terbuka, suka bergaul dan penuh gairah, tinggal didaerah perkotaan dengan tingkat sosial ekonomi A+. Mereka sangat materialistis dan memiliki harta/benda adalah puncak kebahagiaan hidup. Sisi menarik segmen ini adalah mereka percaya bahwa pertemanan adalah investasi. Di mata mereka, pertemanan lebih seperti membuat jejaring dari pada membangun ikatan. Sehingga bagi mereka, pengakuan diri itu ada jika mereka bisa diterima oleh lingkungan pergaulannya.

Segmen #3 : Orang Alim/ Confident Establish (5,2%)

Ciri-ciri : pria, usia matang, berpendidikan tinggi, dan tinggal didaerah perkotaan. Mereka sangat percaya diridan berkarakter kuat, menyukai kedamaian dalam kehidupan sosialny, sangat normatif, dan suka menolong.

Segmen #4 : Ibu-ibu PKK/ The Optimistic Family Person (13,5%)

Ciri-ciri : wanita, usia matang dari daerah rural dengan status social-ekonomi rendah, hidup dengan bersahaja, realistis, kekeluargaan, dan normatif. Mereka menyukai masak sebagai hobi, tidak sekedar kewajiban. Hidup diabdikan untuk keluarga, tidak matrealistis. Keluarga adalah segalanya.

Segmen #5 : Anak nongkrong / The Cange Expect Lad(10,5%)

Diri-ciri : Usia muda, laki-laki, tinggal didaerah urban, status ekonominya menengah-bawah.Karakter mereka : hidup berorientasi pada teman-temannya (kelompoknya). Konsep yang dianut: All Is one and is all.

Segmen #6: Lembut Hati / cheerful Humanist( 12,1)

Ciri-ciri: wanita muda dari daerah pedesaan dengan tingkat sosial-ekonomi rendah, cenderung tidak suka menjadi pusat perhatian, walaupun diterima dilingkungannya. Menyukai lingkungan damai penuh harmoni, sangat menaruh perhatian, dan berempati pada lingkungan dan orang-orang disekitarnya. Tidak mementingkan materi dan selalu ingin dibutuhkan lingkungan serta menyenangi kebersamaan.

Segmen #7 : Main untuk Menang/The savvy Conquer (16%)

Ciri-ciri : pria matang berpendidikan, didaerah perkotaan ini sangat menikmati hidup lugas, selalu berusaha mencapai kejayaan. Sangat menyukai kompetisi dan cenderung dominan dalam pergaulan. Senang fashion, menikmati cuisine, dan gemar melihat iklan. Keinginana dasar mereka adalah dimanja materi dan barang-barang yang dipunyai, suka disanjung dan dipuja, serta supel dan penuh energi.

Segmen #8 : Bintang Panggung/The spontaneous Fun Loving (13,6%)

Ciri-ciri : Wanita dari daerah perkotaan dengan status sosial-ekonomi tinggi, senang menjadi pusat perhatian, suka bergaul, suka pamer, dan menyenangi aktivitas diluar rumah, seperti pesta dan kumpul-kumpul. Mereka menyukai hal-hal baru yang sedang menjadi tren, seperti fashion dan gadge, serta sangat menikmati hidup. Bagi mereka, materi adalah alat untuk memenuhi tuntunan gaya hidup, sanjungan dan pujaan adalah bukti pengakuan diri, serta kelompok menjadi alat mencapai kepopuleran.

  • Berdasarkan hasil survei diatas, maka potensi segmen yang bisa dijadikan sasaran PKSP adalah segmen The Savvy Conquer dengan jumlah 16%, The spontaneous Fun Loving dengan kisaran sebesar 13,5%.

Perilaku Konsumen ke Kafe

  • Salah satu ciri dan perilaku konsumen diIndonesia atau ditiap daerah adalah suka berkumpul dengan teman, kerabat maupun keluarga sambil memakan cemilan atau makanan ringan salah satunya keripik singkong. Itulah sebabnya fasilitas-fasilitas tersebut banyak didirikan sebagai tanggapan atas perilaku konsumen seperti demikian. Perilaku suka berkumpul ini juga merupakan salah satu ciri bahwa masyarakat indonesia memiliki kehidupan sosial yang kuat.
  • Perilaku konsumen seperti demikian menjadi sebuah peluang yang sangat baik bagi Pabrik Keripik Singkong Putri.

Positioning

  • Agar dapat menarik perhatian calon pelanggannya, PKSP merancang sebuah strategi positioning yang kreatif.
  • Beberapa statemen positioning yang bisa digunakan, misalnya :

“Pabrik Keripik Singkong Putri” : gurih, renyah dan mantaapp

“Pabrik Keripik Singkong Putri” : menikmati akrabnya kekeluargaan dengan singkong pilihan.

 

  1. IV.              PELANGGAN
  • Pasar sasaran Pabrik Keripik Singkong Putri adalah para ibu rumah tangga, remaja dan semua masyarakat. Pabrik akan berlokasi ditempat yang mudah dijangkau oleh para masyarakat umum.
  • Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 75% pesanan oleh masyarakat.

 

 

  1. V.                PERSAINGAN
  • Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, layanan, pengenalan akan nama merk dan lokasi pabrik.
  • PKSP akan bersaing langsung dengan sesama Pabrik singkong lainnya seperti Maicih, keripik setan, dsb

 

  1. VI.              MANAJEMEN

Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek :

  • Profesionalisme
  • Keahlian dalam hal keuangan, manajemen, dan aspek hukum

 

  1. VII.           PROYEKSI KEUANGAN

Modal

Ringkasan modal adalah sebagai berikut :

  • Pembelian tanah                                             Rp. 80.000.000
  • Biaya pembuatan pabrik                                Rp. 75.000.000
  • Peralatan                                                        Rp. 5.000.000
    • Lain-lain                                                          Rp. 4.000.000 +

Rp. 164.000.000

Penjualan

  • Asumsi penjualan tahap awal adalah rata-rata 100 orang setiap hari untuk memesan untuk enam bulan pertama.

Product Mix

  • Manajemen berasumsi bahwa 75% konsumen akan membeli rangkaian produk aneka keripik singkong dan 25% membeli produk cemilan lain seperti keripik pisang dan talas.

Gaji

  • Manajemen akan membayar gaji manajer toko penuh waktu waktu Rp. 18.000.000 per tahun. Karyawan paruh waktu akan digaji sebesar 700.000 per bulan.

Kinerja Keuangan

Kinerja keuangan diproyeksikan sebagai berikut :

  • Gross Margin                          70%
  • Operating CF/Sales                 15%
  • Operating CF/Interest             200%
  • Operating CF/Investment       25%

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PRAKTEK MANAJEMEN BISNIS KEWIRAUSAHAAN dan MANAJEMEN BISNIS KECIL

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: